Pemanasan Statis, Dinamis, dan Khusus dalam cabang olahraga Renang

A. Bentuk Bentuk Pemanasan   

    Bentuk-bentuk dari pemanasan sebenarnya sangatlah banyak. Hal itu dikarenakan      pemanasan biasanya disesuaikan dengan olahraga atau aktivitas fisik yang akan dilakukan. Namun dari berbagai macam bentuk pemanasan, dapat digolongkan menjadi pemanasan statis, dinamis, statis dinamis.




1. Pemanasan Statis    

    Pemanasan statis yaitu pemanasan dengan bentuk peregangan yang dilakukan mulai dari bagian tubuh atas menuju kebawah ( dari kepala sampai kaki ) atau sebaliknya. Pemanasan berbentuk statis ini bertujuan untuk menyiapkan otot untuk melakukan kerja yang lebih berat agar tidak terjadi kram atau cedera otot yang lainnya. Pemanasan statis ini harus dilakukan dengan benar agar otot benar-benar terulur sempurna dan untuk menghindari cedera yang disebabkan karena penguluran otot yang tidak sesuai dengan anatomi tubuh yang semestinya.






2. Pemanasan Dinamis    

    Pemanasan dinamis yaitu pemanasan yang dilakukan dengan menggunakan gerakan yang saling berkesinambungan atau saling berkaitan. Contoh gerakan pemanasan dinamis yaitu gerakan menengokkan kepala keatas dan kebawah, gerakan menekuk pendek-pendek panjang-panjang pada tangan atau gerakang kombinasi ( bongkok jongkok bongkok tegak). Pemanasan bentuk ini dimaksudkan untuk melemaskan otot-otot yang kaku.





3. Pemanasan Khusus

    Pemanasan khusus ini bentuk pemanasan untuk mencenderungkan pemanasan pada bagian-bagian tubuh yang khusus, contoh jika akan melakukan olahraga renang alangkah baiknya memperbanyak pemanasan di bagian tangan, kaki, dan kepala, karena olahraga renang cenderung menggunakan bagian tubuh 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Plank

Ilmu Faal Olahraga

Pengertian dan Cara Push Up yang baik dan benar